OTOSIA.COM – Dalam sebuah pembelian kendaraan baru saat ini orang semakin mengandalkan para konsultan sales untuk memperkenalkan dan memperagakan fitur-fitur yang tersedia di mobil yang ditaksirnya, termasuk saat proses delivery.

Menurut Studi Indeks Kepuasan Penjualan Indonesia tahun 2018 dari J.D. Power, tingkat kepuasan pelanggan yang mendapatkan penjelasan menyeluruh mengenai fitur dan manfaat kendaraan saat melakukan pembelian dan proses delivery sebanyak 55% lebih tinggi dari tingkat kepuasan pelanggan yang tidak menerima penjelasan pada kedua kesempatan tersebut.

Sementara penjelasan oleh sales mengenai bagaimana mengoperasikan fitur-fitur kendaraan saat proses pengiriman sangat disukai pelanggan, yakni sebanyak 61%. Kepuasan ini jauh lebih tinggi daripada pembeli mobil yang tidak memperoleh penjelasan dan peragaan menggunakan fitur-fitur tersebut dari sales, poin masing-masing adalah 826 vs. 780.

Studi J.D Power ini juga menemukan bahwa Daihatsu berada di peringkat tertinggi pada tingkat kepuasan sales dengan nilai 818.

“Datsun berada di peringkat kedua dengan nilai 812, dan Honda dan Suzuki bersaing ketat pada posisi ketiga dengan nilai 811,” ungkap Srabani Bandyopadhyay, Country Manager untuk J.D. Power Indonesia.

Studi Indeks Kepuasan Penjualan (Mass Market) Indonesia 2018 merupakan sebuah analisa menyeluruh pada pengalaman membeli dan delivery kendaraan. Studi ini berdasarkan respon dari 2.665 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara Agustus 2017 dan Juli 2018 dan dikumpulkan antara Februari dan September 2018.

Kini di tahun ke-18, studi ini telah di desain ulang dan pemeriksaan secara menyeluruh pada lima faktor yang berkontribusi pada tingkat kepusasan pelanggan terhadap pengalaman membeli kendaraan baru in segmen pasar umum.

Dalam urutan tingkat kepentingan, faktor-faktor tersebut adalah konsultan sales diler (23%), fasilitas diler (23%), menghasilkan kesepakatan (19%), proses delivery (19%), dan kelengkapan dokumen (16%).

Studi ini juga memasukan Net Promoter Score (NPS), yang mengukur kemungkinan pelanggan merekomendasikan kendaraan mereka dengan skala 0-10.

Sumber : https://www.otosia.com/berita/daihatsu-peringkat-tertinggi-di-indonesia-untuk-kepuasan-penjualan.html