Liputan6.com, Jakarta – Menelepon saat mengemudi telah dilarang di banyak negara karena dapat mengganggu konsentrasi pengemudi sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Pengemudi biasanya akan memegang telepon dengan satu tangan sembari ngobrol dengan lawan bicaranya. Risiko menyetir dengan satu tangan ini bisa mengakibat pengemudi kehilangan keseimbangan.

 Melihat hal tersebut, Daihatsu Xenia terbaru menyematkan fitur khusus agar pengemudi tak perlu repot mencari telepon genggam dan mengangkatnnya.

Telah dilengkapi audio connectivity, pengemudi hanya perlu menghubungkan telepon genggam ke perangkat audio.

Saat ada panggilan telepon di tengah perjalanan, pengemudi hanya perlu mengangkatnnya melalui tombol di setir mobil dan berbicara layaknya dengan teman di dalam mobil.

“Jadi kalau di tipe tertinggi, 1.3 R ataupun 1.5 R itu ada audio connectivity. Fungsinya lainnya untuk terima telpon. Itu terkoneksi ke radio. Disitu juga ada lubang mic-nya. Jadi suara akan terdengar lewat audio, jadi tidak membahayakan driver-nya kalau terima telepon,” kata Bambang Supriyadi, Head Product Improvement, Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor.

Hanya cukup menghubungkan melalui Bluetooth, Bambang menyebut fitur ini akan populer karena menerima telepon saat berkendara sangat berbahaya.

“Iya. Masih middle up. Tapi saya rasa akan jadi populer. Saya rasa bukan yang pertama di Low MPV yang menyematkan itu. Beberapa sudah ada karena kan telepon sekarang sudah jadi kebutuhan utama jadi head unit sudah menyesuaikan,” ujar Bambang.

Sumber : https://www.liputan6.com/otomotif/read/3895082/tak-perlu-repot-angkat-telepon-saat-mengemudi-dengan-cara-ini